kiling me

Jumat, 13 Januari 2017



LABORATORIUM PSIKOLOGI LANJUT
LAPORAN PRAKTIKUM PSIKOLOGI KOGNITIF
COGNITION AND PERCEPTION

 

DISUSUN OLEH :

Nama : Faiz setiawan
NPM : 12513508
Kelas  : 4PA15
Tutor : Bhatari Larasati



FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS GUNADARMA
2017

1. Definisi
Menurut Schwartz  (2002) Tip-of-the-Tongue pengalaman adalah salah satu keanehan ilusif dari kognisi manusia. Seperti slip dari lidah, dejavu, dan ilusi visual, TOT mempesona kami dengan kekuatan subyektif mereka, namun, pada saat yang sama, teka-teki kita dengan ketidakmampuan frustasi kami untuk mengambil kata yang diinginkan.
Perasaan yang menyertai dapat diaksesnya item sementara dimana orang - orang mencoba untuk mengingat kembali item-item tersebut (Brown & McNeill, 1966).
Sedangkan bagi Nelson (2000), istilah tip of the tongue (TOT) berarti suatu kognitif dimana seseorang dapat melaporkan fonologi sebagian atau informasi sematik tentang item yang dituju, tapi tidak bisa mengingat kembali seluruh kata yang sudah diingat.
Menurut beberapa tokoh dapat di simpulkan bahwa Tip-of-the-Tongue pengalaman adalah salah satu keanehan ilusif dari kognisi manusia atau suatu kognitif dimana seseorang dapat melaporkan fonologi sebagian atau informasi sematik tentang item yang dapat diaksesnya item sementara dimana orang - orang mencoba untuk mengingat kembali item-item tersebut.
2. Tujuan
Tujuan dari pratikum adalah untuk mendemontrasikan fenomena TOT & memahami penyebab terjadinya fenomena tersebut.
3. Point View
Praktikan mengetahui  fenomena terjadinya TOT dimana saat diberikan stimulus dia ingat mengenai materi tetapi masih meraba saat di beri stimulus atau lupa sama sekali.

4. Pelaksanaan
a. Langkah-langkah
1. Nyalakan Power pada CPU dan Monitor.
2. Masuk user
3. Klik Lab in Cognition CP3yang terletak pada desktop.
4. Klik tip of the tongue
5. Ketik NPM
6. Lalu klik chek
7. Lalu periksa apakah data sesuai dengan data pribadi
8. Setelah benar sklik tombol next
9. Baca materi seditik jika sudah klik next

b. Hasil
Score part 2
Score part 5
80
60



5. Kesimpulan
Praktikan mencoba menembak nama gambar pada part dua dimana sebelumnya part satu di berikan stimulus berupa gambar dan  nama, lalu praktikan di suruh mengahapal gambar tersebut dan mencoba menjawab di sini Praktikan  diberi beberapa clue dan menjawab dengan mengambil kata dari stimulus yang di berikan begitu juga dengan part lima namu bedanya adalah pada part lima tidak diberikan sama sekali stimulus tambahan dan pratikan mendapat nilai part dua yaitu 80 dan part lima  yaitu 60 dimana praktikan nilainya menurun karena ini berkaitan dengan kekuatan subjektif dalam meraba kata/ hapalan  sesuai pula dengan teori Menurut Schwartz  (2002) Tip-of-the-Tongue pengalaman adalah salah satu keanehan ilusif dari kognisi manusia. Seperti slip dari lidah, dejavu, dan ilusi visual, TOT mempesona kami dengan kekuatan subyektif mereka, namun, pada saat yang sama, teka-teki kita dengan ketidakmampuan frustasi kami untuk mengambil kata yang diinginkan.
.












DAFTAR PUSTAKA

Brown, R., & McNeill, D. (1966). The“tip of the tongue” phenomenon. Journal of         Verbal Learning and Verbal Behavior, 5, 325–337.
Nelson, T. O. (2000). Consciousness, self-conscionusness, and metacognition. Conciouness and cognition, 9, 220-223)
Schwartz, B.L.(2002). Tip of the tongue states. Miami : Taylor & Francis Group.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar