kiling me

Minggu, 24 November 2013

Menurut kamus umum bahasa Indonesia karya W.J.S. Poerwadarminta, cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) saying (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan saying atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan.
Unsur-unsur cinta kasih adalah
1.       Pengasuhan, contohnya cinta seorang ibu kepada anaknya
2.       Tanggung jawab, adalah tindakan yang benar – benar berdasarkan atas  suka rela
3.       Perhatian, merupakan suatu perbuatan yang bertujuan untuk mengembangkan pribadi orang lain agar mau membuka dirinya
4.       Pengenalan, merupakan keinginan untuk mengetahui rahasia manusia 
Tingkatan cinta:
1.       Cinta atas dasar harapan sesuatu contoh: seperti seorang pria hanya ingin mendapat keperawanan sie wanita
2.       Cinta mendapat ridho kekasih contoh: seperti seorang pria ingin rido dari ibu wanita
3.       Cinta berharap dapat rido dari allah dan kekasih contoh :seorang pria sudah mendapat rido dari orang tua sie wanita dan melanjutkanya ke jenjang pernikahan yang sah agar diridoi pula oleh allah
ü  Cinta menurut agama
1.       Cinta kepada sesama 
Di antara langkah syaitan dalam menggoda dan menjerumuskan manusia adalah dengan memutuskan tali hubungan antara sesama umat Islam
2.       Cinta Kepada lawan Jenis
Islam yang sempurna telah mengatur hubungan dengan lawan jenis. Hubungan ini telah diatur dalam syariat suci yaitu pernikahan
3.        Cinta Kepada Allah dan Rasul
Mencintai dan mengagungkan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang sebenarnya adalah dengan meneladani petunjuk dan sunnah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, dengan berusaha mempelajari dan mengamalkannya dengan baik. Dan bukanlah mencintai dan mengagungkan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan melakukan perbuatan-perbuatan bid’ah dengan mengatasnamakan cinta kepada beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, atau memuji dan mensifati beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam secara berlebihan, dengan menempatkan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam melebihi kedudukan yang telah Allah Subhanahu wa Ta’ala tempatkan beliau padanya.
قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللهَ فَاتَّبِعُونييُحْبِبْكُمُ اللهُ وَ يَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَ اللهُ غَفُورٌ رَحيمٌ 
"katakanlah: Jika memang kamu cinta kepada Allah, maka turutkanlah aku, niscaya cinta pula Allah kepada kamu dan akan diampuni Nya dosa-dosa kamu. Dan Al­lah adalah Maha pengampun lagi Penyayang." (ayat 31).
ü  Kasih sayang
Kasih sayang adalah satu istilah yang konotatif, dan tidak denotatif. Akan tetapi ia tidak akan muncul dan berkembang tanpa adanya kehendak sesuatu pihak yang memberikannya. Sebelum kita memberi kasih sayang kepada orang lain, sayangilah diri anda sendiri terlebih dahulu dengan mencerminkan akhlak dan moral yang baik.
Kasih sayang ini sadar atau tidak, menuntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka masing-masing pihak sehingga antar keduannya merupakan kesatuan yang bulat dan utuh.
Contoh kasih sayang orang tua:
1.       Melatih memberikan salam dan menjawab salam. Hal ini akan kita bisa kita lakukan ketika orang tua atau pun anggota keluarga lainnya akan pergi atau pun kembali dari suatu tempat ke dalam rumah yang ditinggali. Selain hal tersebut merupakan contoh baik pada anak maka perlu ditambah pula dengan memberikan jabatan tangan ketika bertemu. Contoh memberikan salam dan menjawab salam dengan disertai berjabatan tangan ini akan mudah ditiru oleh anak manakala orang tuanya melakukannya setiap hari.
2.       Membiasakan mengekspresikan kasih sayang kepada anak. Ekspresi kasih sayang orang tua kepada anak bisa diwujudkan dengan memberikan pelukan atau pun sentuhan yang hangat. Ini akan mengajarkan kepada anak bahwasannya dalam kehidupan rumah tangga diperlukan kasih sayang yang tulus serta ikhlas bagi seluruh anggota keluarga. Ini adalah merupakan bagian dari tips cara Nabi mendidik anak yang bisa kita ikuti dan contoh.
3.       Mengajarkan dan membiasakan anak berdoa sebelum beraktifitas. Teladan baik Rasulullah SAW ini juga banyak terdapat dalam hadist-hadist yang shohih. Orang tua harus bisa mencontohkan sebelum menjalankan aktifitas apapun selalu dimulai dengan membaca doa. Minimal adalah dengan membaca basmalah. Karena banyak keutamaan bacaan basmalah ini dalam kehidupan sehari-hati kita.
ü  Kemesraan
Kemesraan berasal dari kata dasar 'mesra', yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan adalah hubungan akrab baik antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga. Kemesraan merupakan perwujudan kasih sayang yang telah mendalam. Cinta yang berlanjut menimbulkan pengertian mesra atau kemesraan. Kemesraan adalah perwujudan dari cinta. Kemesraan dapat menimbulkan daya kreativitas manusia. Kemesraan dapat menciptakan berbagai bentuk seni sesuai dengan kemampuan bakatnya.
puisi
Walau waktu berlalu
Siang bergati malam
Detik berubah jadi menit
Hari berubah jadi bulan
Cinta dan kemesraan ini takan pernah pupus oleh waktu
ü  Pemujian
Pemujaan dimulai sejak manusia dilahirkan dengan akal yang dimilikinya. Manusia telah berfikir kritis tentang alam dan kejadiannya. Hal ini dapat diwujudkan dengan mengagumi dan bersyukur kepada Sang Pencipta. Dalam mencari bentuk-bentuk pemujaan dapat berupa ibadah sebagai media komunikasi antara manusia dengan Tuhan, membangun tempat ibadah yang sebaik-baiknya, mencipta lagu, puisi, novel, film, dan sebagainya yang bertema mencintai Sang Pencipta.
ü  Belas kasih
Belas kasih (composian)adalah kebajikan -satu di mana kapasitas emosional empati dan simpati untuk penderitaan orang lain dianggap sebagai bagian dari cinta itu sendiri, dan landasan keterkaitan sosial yang lebih besar dan humanisme-dasar ke tertinggi prinsi-prinsip dalam filsafat, masyarakat, dan kepribadian
Menumpahkan belas kasih
1.       Menunjukan bahwa kita peduli
2.       Memberikan perhatian
3.       Menjaga
4.       Berbicara dengan lembut
5.       Memberi sesuatu tanpa mengingatnya
CINTA KASIH EROTIS
Cinta kasih erotis yaitu kehausan akan penyatuan yang sempurna, akan penyatuan dengan seseorang lainnya. cinta kasih erotis bersifat ekslusif, bukan universal, pertama-tama cinta kasih erotis kerap kali di campurbaurkan dengan pengalaman yang dapat di eksplosif berupan jatuh cinta. Tetapi seperti yang telah dikatakan terlebih dahulu , pengalaman intimitas, kemesraan yang tiba-tiba ini pada hakekatnya hanya sementara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar