kiling me

Jumat, 24 April 2015

psikologi sosial social facilitation sosial loarfing dan deindividuasi


Social Facilitation
è peningkatan intesitas perilaku oleh karena ada kehadiran orang lain.

. Contoh: saat terjadi skandal perselingkuhan antara Presiden Clinton dengan Ms. Lewinsky, ketika Clinton menampiknya dengan marah-marah justru mengurangi dukungan atas dirinya. Sementara di lain waktu Clinton mengekspresikan berita tentang dirinya dengan kesedihan, justru menarik lebih banyak dukungan.

Ringelmann Effect (a reduction of individual effort as a function of increasing group size). Max Ringelmann (dalam Kravitz & Martin, 1986) : tukang bangunan lebih rajin jika bekerja sendirian daripada beramai2.

Ingham dkk (1974) : eksperimen pada tarik tambang. JIka mata ditutup, ia akan menarik lebih kuat saat ia diberitahu bahwa ia menarik tambang sendirian. Sebaliknya jika ia diberitahu ada orang lain bersama dia, kekuatan tariknya berkurang.

 

Social Loafing : berkurangnya usaha/dorongan individu ketiak ia bekerja dalam kelompok/secara kolektif, dibandingkan jika ia mengerjakannya secara sendirian. Contoh sederhana lainnya, pernah anda melihat anggota DPR yang tertidur?. Apakah itu bisa disebut Social Loafing?. jawaban penulis adalah bisa!. DPR adalah kelompok dengan segala regulasinya mereka harus bekerja dalam satu komisi. Jika mengasumsikan anggota DPR yang tertidur dengan ketidakpedulian atas situasi yang sedang terjadi dan menyerahkan tanggungjawab kepada anggota lain, maka itulah Social Loafing. rekan satu kelompok yang tidak memiliki kepedulian dan tanggungjawab bisa disebut sebagai penderita Social Loafing.

 

 

Pengertian Deindividuasi

Deindividuasi adalah adalah suatu proses hilangnya kesadaran individu karena melebur di dalam kelompok atau bisa dikatakan sebagai pikiran kolektif.

Contoh : orang tawuran, seragam



Tidak ada komentar:

Posting Komentar